Pengertian Membaca, Jenis-Jenis Membaca, Tujuan Membaca

Menurut
 Abidin (2010 : 6) “Membacasebagai produk yang didefinisikan sebagaipemahaman atas simbol-simbol bahasa tulis yang dipelajari seseorang. ”Membaca merupakan proses yang kompleks, sebagaimana dikemukakan Nurhadi (1987:13). Menurut Tarigan (2008: 07) “Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembacauntuk memperoleh pesan yang hendakdisampaikan oleh penulis melalui media kata-kata/ bahasa tulis.” Menurut Anderson dalam Harras (1997: 06) “ Membaca adalah sebagai proses kegiatan mencocokan huruf atau melafalkan lambang-lambang bahasa tulis.” 
Membaca adalah sebuah proses yang kompleks dan rumit. Kompleks artinya dalam proses membaca terlibat sebagai faktor internal dan eksternal pembaca. Faktor internal dapat berupa intelegensi (IQ) minat, sikap, bakat, motivasi, tujuan pembaca, dan sebagainya.Actor eksternal bisa dalam bentuk sarana membaca, teks bacaan (sederhana, berat, mudah, sulit), faktor lingkungan, atau faktor latar belakang, sosial ekonomi, kebiasaan, dan tradisi membaca. Pengertian membaca yang diungkapkan oleh beberapa pakar di atas dapat penulis simpulkan bahwa membaca merupakan suatu proses pengolahan simbol-simbol tertulis dengan tujuan memperoleh pemahaman yang bersifat menyeluruh tentang isi bacaan dan merupakan kegiatan komunikasi tidak langsung antara penulis dan pembaca yang melibatkan berbagai faktor. 

Jenis-Jenis Membaca
Menurut Harras (1998: 42-) membaca itu memiliki tujuh jenis yaitu sebagai berikut:

Membaca Nyaring
Yakni kegiatan membaca dengan mengeluarkan suara atau kegiatan melafalkan lambang-lambang bunyi bahasa dengan suara yang cukupkeras.

Membaca dalam hati
Merupakan proses membaca tanpa mengeluarkan suara. Dalam membaca dalam hati atau membaca diam tidak ada suara yang keluar. Sedangkan yang aktif bekerja hanya mata dan otak atau kognisi kitasaja.

Membaca intensif
Membaca intnsif merupakan programkegiatan membaca yang dilakukan secara seksama.Dalam membaca ini, para siswa hanya membaca satu atau beberapa pilihan dari bahan bacaan yang ada dan bertujuan untuk menumbuhkan serta mengasah kemampuan membaca secara kritis.

Membaca ekstensif
Merupakan program membaca yang dilakukan secara luas, baik jenis maupun ragam teksnya dan tujuannya hanya sekedar untuk memahami isi yang penting-penting saja dari bahan bacaan yang dibaca dengan menggunakan waktu secepat mungkin.Para siswa diberikan kebebasan dan keleluasaan dalam hal memiliki baikjenis maupun lingkup bahan-bahan bacaan yang dibacanya.

Membaca literal
Membaca literal merupakan kegiatan membaca sebatas mengenal dan menangkap arti (meaning)yang tertera secara tersurat(eksplisit). Artinya,pembaca hanya berusaha menangkap informasi yang terletak secara literal (reading the lines) dalam bacaan dan tidak berusaha menangkap makna yang lebih dalam lagi, yakni makna-makna tersiratnya,baikpada tataran antagonis (by the lines) apalagi makna yang terletak dibalik barisnya (beyond the lines


Membaca kritis
Membaca kritis adalah sejenis kegiatan membaca yang dilakukan secara bijaksana,penuh tenggang hati,mendalam, evaluative, serta analitis,dan bukan hanya mencarikesalahan belaka.

Membaca kreatif
Membaca kreatif merupakan proses membaca untuk mendapatkan nilai tambah dari pengetahuan yang baru yang terdapat dalam bacaan dengan cara mengidentifikasi ide-ide yang menonjol atau mengkombinasikan pengetahuan yang sebelunya pernah di dapatkan.

Tujuan Membaca

Tarigan (1979:9) berpendapat,”Tujuan utama dalam membaca adalah untuk mencari serta memperoleh informasi mencakup isi, memahami makna bacan.”
Tampubolon ( 1987 : 210) berpendapat tujuan membaca dibagi atas tiga jenis
Untuk Studi
Membaca untuk sendiri ialah membaca untuk menemukan informasi informasi yang diperlukan, untuk menyelesaikan masalah studi yang pada akhirnya memperkaya pengetahuan dalam berbagai ilmu dan disiplin tertentu.
Untuk Usaha
Membaca untuk usaha ialah membaca untuk menentukan dan memahami informasi yang berkaitan dengan usaha yang dilakukan dengan usaha yang dilaksanakan, seperti pekerjaan kantor, rumah tangga, dan lain-lain.
Untuk kesenangan
Membaca untuk kesenangan ialah membaca untuk mengisi waktu senggang dan memuaskan perasaan serta imajinasi bahan bacaan ilmiah membaca ini adalah novel, cerpen, dan buku bacaan ini seperti surat kabar.

Anderson dalam Tarigan (2008 : 09) mengungkapkan,
Membaca untuk menemukan atau mengetahui penemuan atau mengetahui penemuan-penemuan yang telah dilakukan oleh sang tokoh,  apa-apa yang telah dibuat oleh sang tokoh,  apa yang telah terjadi pada tokoh khusus, atau untuk memecahkan masalah-masalah yang dibua toleh sang tokoh. 

Membaca untuk mengetahui mengapa hal itu merupakan topik yang baik dan menarik, masalah yang terdapat dalam cerita, apa-apa yang dipelajari atau yang dialami tokoh, dan merangkumkan hal-hal yang dilakukan oleh tookh untuk mencapai tujuannya.

Membaca untuk menemukan atau mengetahui apa yang terjadi pada setiap bagian cerita, apa yang terjadi mula-mula pertama, kedua, ketiga dan seterusnya. Setiap tahap dibuat untuk memecahkan suatu masalah, adegan-adegan, dan kejadian, kejadian buat dramatis.

Membaca untuk menemukan serta mengetahui mengapa para tokoh merasakan seperti cara mereka itu, apa yang hendak diperlihatkan oleh pengarang kepada para pembaca, mengapa para tokoh berubah, kualitas-kualitas dimiliki para tokoh yang membuat mereka berhasil atau gagal.

Membaca untuk menemukan serta mengetahui apa-apa yang lucu dalam cerita.

Membaca untuk menemukan apakah tokoh berhasil atau hidup dengan ukuran-ukuran tertentu, apakah kita ingin berbuat seperti yang diperbuat oleh tokoh.

Membaca untuk menemukan bagaimana cara tokoh berubah, bagaimana hidupnya berbeda dari kehidupan yang kita kenal, bagaimana dua cerita mempunyai persamaan, dan bagaimana tokoh menyerupai pembaca.