Hari Dongeng Sedunia

Dengan makin canggihnya industri film dan video, dongeng menjadi terpinggirkan. Dulu ketika menjelang tidur, para orangtua mengantarnya dengan dongeng-dongeng. Sekarang mungkin hanya segelintir orangtua yang masih melakukannya. Sebagai penggantinya, televisi menjadi hiburan menjelang tidur.

Karena mendongeng makin terpinggirkan adanya Hari Dongeng Sedunia (World Storytelling Day) menjadi momen untuk mengingat kembali dan melestarikan kegiatan mendongeng yang mulai ditinggalkan.World Storytelling Day yang jatuh setiap tanggal 20 Maret diperingati dengan mengadakan kegiatan mendongeng baik siang atau malam, sebanyak mungkin di beberapa tempat, dan negara, serta sebanyak mungkin bahasa penuturnya.

Awal mula peringatan ini terjadi pada tahun 1991-1992 di Swedia. Pada saat itu sejumlah penggagas menyelenggarakan Alla berattares dag(All Storytellers Day) yang diselenggarakan 20 Maret 1991 dan 20 Maret 1992. Meski setelah itu jaringan pendongeng nasional Swedia tak lagi menyelenggarakan All Storyteller Day, namun penyelenggaraan serupa justru dilakukan di negara lain. Pada tahun 1997 di Perth, Australia, diselenggarakan Celebration of Storyyang berlangsung selama lima minggu. Tujuan kegiatan itu adalah untuk memperingati 20 Maret sebagaiInternational Day of Oral Narrators. Di Meksiko juga dilakukan kegiatan serupa yakni 20 Maret 1997 sebagai perayaanNational Day of Storytellers.

Tahun-tahun berikutnya negara yang menyelenggarakan peringatan Hari Mendongeng makin banyak. Tahun 2004 istilah World Storytelling Day mulai muncul. Peringatannya pun semakin luas. Tahun 2006 ada 25 negara dari lima benua yang memperingatinya. Tahun 2009 World Storytelling Daydiperingati di Eropa, Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Australia. Sejumlah pihak di Indonesia pun memperingatinya.

Sumber : andriewongso.com