Minat Baca Warga DIY Tertinggi di Indonesia


KBRN, Yogyakarta: Tingkat baca warga DIY tertinggi di Indonesia,namun masih jauh dibawah angka indeks baca negara maju. Tingkat gemar membaca warga DIY yakni 0,049 atau dari seribu orang hanya ada 49 orang yang membaca buku.
 Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY Budi Wibowo kepada RRI, Rabu (2/9/2015) mengatakan, angka ini tertinggi di nasional, namun jika dibandingkan dengan negara lain masih sangat rendah. Di Singapura misalnya indeks minat baca mencapai 0,45 atau dari seribu orang 450 orang sudah membaca buku rutin. Untuk itu, diperlukan peningkatan gerakan minat baca hingga tingkat terendah misalnta keluarga.

Sementara itu, Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca DIY Sudibyo mengatakan, rendahnya minat baca harus segera diatasi dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Perpustakaan dan taman bacaan harus dioptimalkan dan diperbanyak hingga ke tingkat RT RW, sehingga lebih mendekatkan buku ke masyarakat.

"Tidak hanya itu keluarga juga diharapkan menyiapkan perpusatakaan kecil sehingga mendekatkan buku ke anak-anak," ujarnya.

hal senada juga disampaikan Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Bambang Supriyatmo peran masyarakat meningkatkan minat baca sangat diperlukan sehingga target nasional Indonesia membaca 2019 bisa tercapai. (WUR/BSL/AKS)
Sumber : www.rri.co.id