Pentingnya Variasi Buku Bagi Anak

Membaca memiliki peran yang sangat penting dalam proses pertumbuhan anak. Dengan membaca, anak akan belajar untuk mengetahui relasi antara pengetahuan yang sudah ia miliki dengan pengetahuan yang ada dibuku. Relasi inilah yang membantu anak-anak memahami kehidupan di dunia nyata. Selain itu buku juga membantu anak mengetahui karakter dan kebudayaan yang mungkin belum ditemui dikehidupan sehari-hari.
Jenis bacaan yang cocok untuk seorang anak tentunya akan berbeda-beda sesuai karakter sang anak. Kenalkan anak pada berbagai jenis bacaan yang berbeda. Dari situ Anda akan bisa melihat minat sang anak dan memberikan porsi lebih banyak untuk bacaan kegemarannya. Umumnya anak hanya memiliki satu jenis bacaan kegemaran. Tapi Anda sebaiknya tidak hanya memberikan satu jenis bacaan kepada anak. Ajak anak untuk juga mengenali jenis bacaan lain.
Seberapa penting anak harus mengenal lebih dari satu jenis bacaan? Ada dua alasan utama. Pertama, membaca jenis buku yang berbeda akan mengenalkan anak pada gaya bahasa yang berbeda, ragam kebudayaan, dan banyak kosakata yang baru. Mengenal lebih banyak jenis pengetahuan akan memperkaya khasanah ilmu sang anak sejak dini.
Kedua, perkenalan pada budaya, gaya bahasa, dan kosakata yang baru akan meningkatkan intelegensia sang anak. Kecerdasan anak akan terasah ketika ia menyerap berbagai informasi dan mencoba untuk memahaminya. Keberagaman informasi, terbukti membantu meningkatkan kecerdasan manusia karena sistem syaraf kita akan semakin terlatih dalam menerima dan memilah berbagai informasi. Jika anak Anda menggemari buku jenis petualangan, ajari juga dia untuk mengenal buku dengan jenis biografi. Anak akan belajar banyak karena buku dengan jenis petualangan memiliki gaya bahasa dan kosakata yang sangat berbeda dengan jenis biografi.
Mendidik anak membaca bukanlah tugas yang mudah di Indonesia. Selain lingkungan yang tidak memiliki kultur membaca yang tinggi, acara televisi juga mendominasi kehidupan anak sehari-hari. Tayangan audio visual memberikan daya tarik yang lebih besar bagi anak ketimbang membaca.
Berikut ini beberapa tips untuk mengajak anak menjadi lebih dekat kepada buku :
1. Ajak anak ke perpustakaan dan temani anak untuk melihat berbagai jenis buku yang ada di sana. Minta dia untuk memilih buku dengan jenis kesukaannya. Jika dia kesulitan, cobalah menawarkan jenis kesukaan Anda. Biasanya anak akan memiliki kesukaan yang sama dengan orang tuanya. Semakin banyak pilihan akan membuat anak Anda semakin senang untuk mencoba berbagai jenis hal yang baru.
2. Tawarkan buku dengan jenis yang belum pernah anak Anda baca dan ajak dia untuk membahas isi buku itu. Buatlah suasana yang menyenangkan ketika membahas isi buku itu. Anak akan merasa senang membaca bersama dengan orang tuanya.
3. Jika Anda kesulitan dalam menentukan jenis buku, mintalah saran dari gurunya di sekolah. Guru memiliki pendapat yang lebih tepat karena interaksi yang intens dengan anak di kelas.
4. Ketika anak Anda benar-benar tidak mau mencoba jenis bacaan baru, jangan dipaksakan. Selama anak Anda memiliki minat baca pada jenis yang ia sukai, itu masih merupakan sikap yang positif. Cobalah pada lain kesempatan.

Sumber :   BrighterLife.co.id