Orang Paling Sukses di Dunia Masih Rajin Membaca

“Kapan terakhir kali kamu membaca buku atau surat kabar?”
Meski tahu bahwa membaca memberi banyak manfaat, namun sayangnya kegiatan yang satu ini masih sangat jarang menjadi prioritas. Hiruk pikuknya postingan di aneka media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Path rasanya lebih menarik untuk dipelototi.
Sementara kita ogah membuka koran dan buku, orang-orang paling sukses di dunia tidak pernah meninggalkan kebiasaan membaca mereka. Dalam hati bisa jadi kamu penasaran dengan alasan kenapa sih mereka tetap menyempatkan membaca, apa yang dibaca, atau mungkin apa pengaruhnya kebiasaan membaca tersebut terhadap kesuksesan yang didapat saat ini.
Untuk kamu yang punya pertanyaan serupa, Hipwee akan mengulas berbagai kebiasaan membaca yang dimiliki oleh orang-orang yang punya prestasi mendunia. Mau tahu apa saja? Cek di artikel ini ya:

1. Untuk mengikuti perkembangan tren bisnis terkini, Warren Buffet selalu mengisi waktunya dengan membaca berita di koran lokal dan nasional

Siapa tak kenal Warren Buffett? Pria berusia 84 tahun ini sukses menempatkan dirinya sebagai jajaran orang terkaya di dunia. Bahkan di tahun 2010 lalu, dia berhasil mengalahkan Bill Gates sang pemilik Microsoft menduduki peringkat orang kaya nomer satu di dunia. Meskipun harinya sibuk diisi dengan berbagai kegiatan mengurus bisnis besar yang telah dirintis, namun ia tidak pernah lupa untuk selalu meng-
update pengetahuannya dengan membaca berbagai koran mulai dari yang berskala lokal, nasional, hingga internasional.
Warren Buffet melakukan ini agar dirinya selalu bisa mengikuti perkembangan tren dunia bisnis yang terjadi. Dari sinilah biasanya dia bisa membuat perencanaan bisnis yang lebih matang lagi. Warren Buffet juga dikenal sebagai seorang pebisnis yang mahir membaca situasi pasar sehingga dapat membuat keputusan yang hampir selalu tepat. Kebiasaan Warren Buffet ini membuatnya berhasil menjadi raja bisnis di kancah dunia.

2. Obama selalu berusaha menyepatkan waktu membaca koran lokal, majalah, sampai laman online teranyar agar tak kehilangan berita terbaru

Barack Obama via edition.cnn.com
Sebagai seorang presiden di negara adidaya, tentunya akan sangat dimaklumi bila Barack Obama tidak lagi memiliki waktu untuk membaca buku, koran, atau mungkin portal berita. Karena toh kalau dipikir-pikir ia bisa meminta asistennya mencarikan informasi terbaru. Tapi pada kenyataannya, presiden berdarah Afro-America ini memilih untuk membaca sendiri berbagai bacaan yang memang ia rasa perlu baca.
Obama akan meluangkan waktunya di pagi hari untuk membaca koran harian, majalah-majalah, bahkan berbagai laman online seperti blog dan juga website. Dari sanalah ia mendapatkan informasi mengenai perkembangan yang terjadi di negaranya dan dunia internasional. Kebiasaan Obama ini sudah dilakukan sejak masih kecil. Mungkin karena hal ini pula Obama muncul sebagai selah satu orang paling cerdas di dunia.




3. Bill Gates memaksa dirinya menuntaskan satu buku setiap minggu. Ia juga pembaca setia aneka surat kabar demi mengikuti perkembangan bisnis dunia


Penemu Microsoft, Bill Gates juga menjadi salah satu orang paling sukses yang tidak pernah meninggalkan kebiasaan bacanya. Bahkan, pria yang sudah memiliki kekayaan milyaran dolar ini selalu setia membaca berbagai buku ekonomi yang dia anggap berguna untuk menambah insight-nya sebagai seorang pebisnis.
Setiap minggu, Bill Gates akan ‘memaksa’ dirinya untuk menghabiskan satu buku yang dianggap berguna memperkaya pengetahuan yang ia punya. Tidak hanya buku saja, Bill Gates juga menjadi pembaca setia dari New York Times, Wall Street, dan beberapa koran lainnya. Kesibukan Bill Gates tidak menjadikannya lengah untuk meninggalkan berbagai bahan bacaan yang menurutnya berguna untuk dibaca.

4. Penggagas Buzfeed Jonah Peretti memulai paginya dengan membaca koran olahraga dan berita di sosial medianya


Buzzfeed via www.theverge.com
Penggagas Buzzfeed Jonah Peretti adalah penyuka media sosial. Dia mengaku cukup banyak menghabiskan waktunya untuk bermain twitter dan facebook. Namun bila orang kebanyakan memanfaatkan media sosial ini untuk mengobrol dan melihat kehidupan orang lain, Peretti justru menjadikannya sumber untuk mencari berita. Setiap pagi pengusaha muda yang sudah bisa menghasilkan jutaan dolar dari bisnis medianya tersebut akan mencari informasi terbaru.
Dia punya kebiasaan bangun pukul 08:30 pagi, minum kopi, membaca majalah olahraga favoritnya, lalu berselancar di dunia untuk melihat seperti topik-topik apa sih yang saat sedang banyak dibicarakan orang. Dari sinilah dia mendapatkan ide untuk membangun artikel-artikel di Buzzfeed yang menjadi salah satu media dengan konten paling viral di dunia.

5. Sebagai pemimpin bisnis gerai makanan tersukses di Amerika, Cheryl Bachelder membiasakan diri membaca buku yang berhubungan dengan kemampuan leadership


Pengusaha gerai makanan via www.brooksandspaulding.com
Seorang yang memiliki bisnis besar pada umumnya memang memiliki kepemimpinan yang baik. Tanpa adanya kemampuan ini, rasanya mustahil sebuah bisnis bisa berkembang pesat. Bahkan beberapa pebisnis dunia meyakini bahwa letak keberhasilan bisnis tidak hanya disebabkan oleh kemampuan sebuah perusahaan menghasilkan produk saja tapi juga karena kemampuannya untuk memimpin orang-orang yang di perusahaan tersebut.
Mungkin karena alasan tersebutlah Cheryl Bachelder seorang pemilik gerai makanan Popeyes rajin membaca buku tentang leadership. Tidak hanya suka membaca saja, dia pun gemar membagikan pengalamannya memimpin gerai bisnis makanan paling sukses di Amerika. Pengamalan-pengalamannya ini dia bagikan melalui blog pribadi agar banyak orang yang bisa membaca.






6. Selama 25 tahun Howard Schultz, CEO Starbucks, tidak pernah lepas membaca berita di kolom ekonomi, sosial, dan politik untuk selalu mengikuti perkembangan zaman


Starbucks via www.google.co.id
Jika Hipwee menyebut nama Starbucks apakah nama itu terdengar asing di telingamu? Ya, mungkin kamu juga salah satu pelanggan kopi asal Amerika ini. Tapi meski sudah sering minum di sini tahukah kamu siapa pemilik Starbucks?
Nama pembuat Starbucks adalah Howard Schultz, seorang pria berwarga negara Amerika. Pria yang kini telah sukses menjadi pebisnis kedai kopi ini selalu bangun di pagi hari, membuat kopi, lalu membaca koran harian yang menjadi langganannya. Dia suka mengamati berbagai kejadian politik, ekonomi, dan sosial yang terjadi di sekitarnya. Dari sanalah ia biasanya akan mendapatkan banyak influence untuk mengembangkan bisnisnya sesuai dengan perkembangan yang terjad.
Membaca terbukti menjadi kebiasaan dari banyak orang paling sukses di dunia. Dengan membiasakan membaca, setiap hari otakmu akan diisi dengan informasi-informasi terbaru yang akan berguna untuk membuat melahirkan ide-ide yang pasti berguna untuk studi atau karirmu. So, mulai sekarang jangan lupa untuk selalu membaca ya!