Tips Memilih Bahan Bacaan untuk Anak Usia 5-12 Tahun

Memiliki anak yang gemar membaca tentu sangat menyenangkan karena dengan membaca anak menjadi lebih pintar dan terbuka wawasannya. Tentunya kita sebagai orang tua harus pandai-pandai memilih buku bacaan untuk anak. Apalagi usia 5-12 tahun bagi anak adalah masa emas bagi mereka untuk belajar. Oleh karena itu, perlu sebuah tips untuk anak usia 5-12 tahun dalam memilih bahan bacaan. Ada beberapa hal yang patut dijadikan sebagai sebuh pertimbangan ketika memilihkan sebuah bacaan kepada anak.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk anak usia 5-12 tahun dalam memilih bahan bacaan.

1. Lihat bahan yang digunakan Usia anak yang masih sangat muda dan banyak sekali melakukan gerak maka diusahakan memilih buku yang tidak berbahaya bagi anak. Sesuatu dikatakan berbahaya jika hal tersebut mampu melukai anak. Oleh karena itu, hindari penggunaan buku yang memiliki sisi tajam. Jangan lupa juga memilih buku dengan ketebalan kertas yang lebih tebal dibandingkan dengan ukuran normal.

2. Sesuai Minat Hendaknya memberikan buku sesuai dengan minat yang disukai oleh anak. Misalnya saja anak suka dengan hewan, maka alangkah baiknya jika membelikan buku tentang hewan. Untuk mengetahui minat anak atau apa yang disukai oleh anak kita bisa melihat dalam kesehariannya.

3. Bahasa Perlu diketahui juga bahwa faktor bahasa juga harus menjadi pertimbangan bagi orang tua ketika memilihkan buku bagi anaknya. Adakalanya buku yang disukai oleh anak ketika berada di toko buku tidak sesuai dengan usia mereka. Oleh karena itu, orang tua juga harus ikut aktif memilih buku mana yang sangat pas bagi anaknya.

4. Cerita Panjang Pada usia ini, konsentrasi yang dimiliki oleh seorang anak sudah sangat lumayan tinggi. Mereka sudah betah dengan berlama-lama membaca buku. Karena kondisi yang seperti itulah maka tidak mengapa bagi orang tua untuk memberikan bacaan dengan cerita yang panjang kepada seorang anak.

5. Orang tua ikut baca Jika membelikan anak sebuah buku maka orang tua juga wajib membaca buku yang dibeli untuk anak tersebut. Dengan demikian kontrol terhadap tumbuh kembang anak bisa dijaga dengan baik. Demikianlah beberapa tips untuk anak usia 5-12 tahun dalam memilih bahan bacaan. Semoga membantu.

 sumber artikelkesehatananak.com