Perpustakaan Termegah di Indonesia

Bapak Soeman Hs
Perpustakaan SOEMAN HS adalah library dari bangunan paling unik di Indonesia, karena bangunan seperti bentuk buku. Para bangunan perpustakaan itu sangat besar, mungkin perpustakaan di akan menjadi salah satu landmark Provinsi Riau.
Perpustakaan ini menggunakan konsep transformasi modern arsitektur . Hal ini dapat dilihat dari bentuk lengkungan yang menyerupai sebuah buku tebal yang terbuka jika dilihat dari atas gedung. Bagian tengah bangunan ini ada sebuah bangunan terpisah yang terletak tidak dalam bentuk garis persegi panjang dan melengkung adalah bagian diatasnya.Dan dari konstruksi yang digunakan dalam pembuatan bangunan menggunakan baja konstruksi, ini dapat dilihat dari pilar-pilar yang memegang melengkung atap bangunan.

Perpustakaan ini menjadi perpustakaan termegah di Indonesia, bahkan lebih megah dari Gedung Perpustakaan Nasional di Jakarta. Keuntungan dari perpustakaan ini dibandingkan dengan perpustakaan lain di Indonesia adalah kumpulan literatur tentang budaya Melayu yang diklaim sebagai yang komprehensif di Indonesia.

Nama perpustakaan yang diresmikan oleh Wakil presiden Yusuf Kalla dan Gubernur Riau H Wan Abu Bakar pada tahun 2008 lalu, diambil dari tokoh sastrawan nasional Angkatan Pujangga Baru Riau yang begitu fenomenal di kalangan masyarakat, Bapak Soeman Hs

Sampai saat ini perpustakaan Soeman HS yang kini jadi landmark/icon kebangkitan dunia pendidikan sekaligus wisata edukasi Provinsi Riau, seharinya bisa dikunjungi hingga 1000 orang.















Sumber : Koran Arsitektur & Alijohan