Keajaiban di Balik Membaca


Zinti Munazzah
Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan penulis melalui media kata-kata atau bahasa. Suatu proses yang menuntut agar kelompok kata yang merupakan suatu kesatuan akan terlihat dalam suatu pandangan sekilas, dan agar makna kata-kata secara individual akan dapat diketahui.
Membaca mungkin bagi kebanyakan orang terutama pada zaman sekarang ini merupakan kegiatan yang paling membosankan. Daripada harus pergi ke perpustakaan dan membaca buku, orang-orang lebih memilih pergi ke pusat perbelanjaan, wisata kuliner dan berbagai kegiatan lain yang sifatnya rekreasi. Diluar itu, membaca juga memiliki manfaat hebat bagi kesehatan kita secara keseluruhan :
Meningkatkan mood
Membaca secara rutin dari pilihan bacaan yang berbeda dapat meningkatkan suasana hati dan perilaku kita, entah itu novel, bahan kuliah, majalah, buku-buku motivasi atau pun surat kabar. Emosi yang kita rasakan ketika merasa senang membaca akan membuat otak yang tadinya stres menjadi lebih rileks. Membaca, meskipun hanya beberapa menit, juga dapat merangsang imajinasi. Selain itu juga dapat memotivasi dan menantang kita untuk memperbaiki diri.
Latihan untuk Otak
Membaca setiap hari, sama halnya dengan memulai kebiasaan olahraga. Tak perlu lama-lama, yang terpenting bagaimana kita menyediakan waktu bagi otak untuk berpikir dan memahami hal yang dibaca. Membaca rutin juga dapat melatih ketajaman memori kita dan membantu mencegah penyakit Alzheimer. Latihan otak secara terus-menerus akan merangsang saraf-saraf untuk melakukan koneksi dan membantu pertumbuhan sel-sel saraf yang baru.
Memberdayakan Diri
Informasi yang kita dapatkan melalui bahan bacaan yang berbeda memberikan rangsangan pada pengetahuan kita. Ketika kita membaca mengenai tokoh-tokoh inspiratif, hal tersebut akan meningkatkan keinginan kita untuk memberdayakan diri. Pengetahuan tambahan juga akan membangun dasar untuk tindakan-tindakan kita, memberikan kemampuan untuk mengambil keputusan lebih baik.